Rabu, 01 Juni 2016

anatomi jantung

                                                           Anatomi dan Fisiologi Jantung

Tulisan ini saya tulis berdasarkan sumber yang dapat dipertanggung jawabkan...salam BlackNurse.

Sebelum memulai mari kita cermati gambar dibawah ini:

Section 1: Letak dan ukuran Jantung


Jantung berukurun sekitar satu kepalan tangan dan terletak didalam dada, dengan batas 
kanannya pada sternum kanan dan apek (ujung jantung) terletak pada ruang intercostalis kelima sebelah kiri pada linea midle clavicula (Gibson J, 2002. Fisiologi&Anatomi Modern untuk Perawat. Edisi II. Jakarta: EGC.hal:97).

Jantung itu sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi  memompa darah untuk mengantarkan bahan-bahan metabolisme yang diperlukan oleh seluruh jaringan tubuh manusia dan juga bertanggung jawab atas keluar sisa-sisa metabolisme dalam tubuh manusia (Wijaya, A S &Putri Y M.2013.Keperawatan Medikal Bedah 1. Cetakan:Pertama.Yogyakarta:nuhamedika.hal:1)

Jantung merupakan organ utama dari sistem kardiovaskuler.

mari kita lanjut ke...

Section 2 : Ruang jantung

Mari kembali kita amati gambar dibawah ini:
Jika kita mengamati hanya ada 4 ruang dalam jantung, Sebagai dasar kita belajar sebaiknya dihapalkan... ke empat ruang itu diantaranya:

  1. RA: Right Atrium atau atrium kanan adalah ruang berdinding tipis berada pada bagian kanan jantung dan letaknya sebagian besar dibelakang sternum.
  2. LA: Left Atrium atau Atrium Kiri adalah ruang berdinding tipis yang terletak pada bagian belakang jantung.
  3. RV; Right Ventricular atau Ventrikel Kanan adalah ruang berdinding tebal yang membentuk sebagian besar sisi depan jantung.
  4. LV: Left Ventricular atau Ventrikel Kiri adalah Ruang berdinding tebal yang berada disisi belakang jantung dan terletak di kiri bawah jantung (Gibson J, 2002. Fisiologi&Anatomi Modern untuk Perawat. Edisi II. Jakarta: EGC.hal:98-99).
dari pengertian diatas coba amati gambar dibawah ini:
Where is Both of atrium and where is both of Ventricular ?

Section 3 : Katup Jantung

Mari kita amati gambar dibawah ini kembali : 

Ada 4 katup jantung ? ya benar, di antaranya:
  1. Katup Aorta adalah katup yang menghubungkan antara ventrikel kiri dengan dengan ascenden Aorta. (kode:A)
  2. Katup Pulmonalis adalah katup yang menghubungkan antara pulmonari Trunk atau(arteri yang menghubungkan jantung dan paru) dengan ventrikel kanan. (kode:A)
  3. Katup Trikuspid adalah katup yang menghubungkan antara atrium kanan dengan ventrikel kanan. (kode :B)
  4. Katup Bikuspid atau disebut juga katup mitral adalah katup yang menghubungkan antara atrium kiri dan ventrikel kiri.(Wijaya, A S &Putri Y M.2013.Keperawatan Medikal Bedah 1. Cetakan:Pertama.Yogyakarta:nuhamedika. hal: 31) (Kode:B).
What is Kode A and Kode B ?

jawab:

Sebenarnya katup jantung dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
1. Katup Semilunar (kode:B)

Adalah katup jantung yang menghubungkan sirkulasi sistemik (dari jantung keseluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung) dan sirkulasi pulmonal (dari jantung ke paru dan kembali lagi ke jantung)
  • Katup Aorta (sirkulasi sistemik)
  • Katup Pulmonal (sirkulasi pulmonal)

2. Katup Atrioventikular (kode:A)

Adalah katup jantung yang menghubungkan antara atrium dan ventrikel.
  • Katup Trikuspid
  • Katup Bikuspid (Wijaya, A S &Putri Y M.2013.Keperawatan Medikal Bedah 1. Cetakan:Pertama.Yogyakarta:nuhamedika.hal:31).
Itulah alasan saya menuliskan Kode A dan Kode B.

mari kita melihat gambar selanjutnya dari katup jantung


Hanya katup bicuspid yang mempunyai daun katup 2.

Sedang fungsi katup sendiri adalah mencegah aliran darah balik keruang jantung sebelumnya. 

Tempat melekat daun-daun katup tersebut disebut Chordae tendinea dan Chordae tendenea berikatan dengan otot yang disebut muskulus papilar (Wijaya, A S &Putri Y M.2013.Keperawatan Medikal Bedah 1. Cetakan:Pertama.Yogyakarta:nuhamedika.hal:31).

Section 4: Pembuluh Darah Besar Jantung

Mari kita lihat kembali gambar dibawah ini:
Jika kita melihat ada 2 warna pembuluh darah pada jantung :
  1. yang berwarna merah artinya lumen darah yang mana darah yang dipompakan oleh jantung mengandung darah yang bersih atau darah yang kaya oksigen (O2).
  2. yanng berwarna biru artinya lumen darah yang membawa darah kotor  yang kembali ke jantung, kecuali arteri pulmunaris dimana darah kotor dipompakan oleh jantung ke paru untuk proses pertukaran oksigen dimana terjadinya proses difusi diparu.  
Beberapa Pembuluh darah besar yang perlu kita ketahui:
  1. Vena Cava Superior yaitu vena yang membawa darah kotor dari bagian atas diagfragma kembali ke jantung tepatnya ke atrium kanan
  2. Vena Cava Inferior yaitu vena yang membawa darah kotor dari bagian bawah diagfragma ke atrium kanan untuk kembali ke jantung.
  3. Pulmonari Trunk atau Arteri Pulmonari adalah Pembuluh yang membawa darah kotor ke paru, dan darah kotor ini berasal dari pompaan ruang ventrikel kanan.
  4. Aorta ialah pembuluh darah besar yang merupakan lumen untuk mengalirkan darah bersih atau kaya oksigen keseluruh tubuh. (Wijaya, A S &Putri Y M.2013.Keperawatan Medikal Bedah 1. Cetakan:Pertama.Yogyakarta:nuhamedika.hal:32-33).
Aorta sendiri terbagi menjadi 2:
1. Assending Aorta: membawa darah dari ventrikel kiri menuju ke bagian organ atas tubuh, seperti otak, mata, hidung, dsb.
2. Desending Aorta: membawa darah dari ventrikel kiri menuju ke bagian organ bawah tubuh, seperti ektrimitas bawah atau kaki geneitalia, testis, abdomen dsb.

Mari kita lihat gambar berikut :

dari pembuluh-pembuluh besar yang sudah kita ketahui di atas masih ada pembuluh yang sangat penting kita ketahui. pembuluh apakah itu?
ya tepat jawabannya adalah :
  • Arteri Coronaria, arteri ini adalah arteri yang memperdarahi jantung itu sendiri. Arteri ini keluar dari aorta tepat diatas katup aorta dan arteri ini dibagi menjadi arteri coronaria kanan dan kiri yang berjalan kebawah masing-masing untuk menyuplai darah kesisi jantung baik kanan atau pun sisi kiri dari jantung.(Gibson J, 2002. Fisiologi&Anatomi Modern untuk Perawat. Edisi II. Jakarta: EGC.hal:101).
  • Sinus Coronaria adalah vena yang membawa darah kotor dari jantung itu sendiri.
coba kita perhatikan gambar ini agar membantu kita mudah memahaminya dengan sisi-sisi visual:



selanjutnya pada gambar dibawah ini kita pecah antara arteri coronaria dan sinus coronaria:

Section 5: jaringan otot jantung dan Septum ventriculer

 mari kita amati gambar dibawah ini :

 Jarinagan jantung tebagi menjadi 3, diantaranya:

  1. Myocardium adalah lapisan yang terbesar dari dinding jantung, yang tersusun dari serat-serat otot jantung yang bersifat lurik dan saling berhubungan satu sama lain oleh cabang-cabang muscular.
  2. Endocardium ialah lapisan yang melapisi bagian dalam rongga jantung yang terdiri dari dari selapis sel endotel, dan dibawahnya terdapat lapisan jaringan ikat, licin dan mengkilap.
  3. Pericardium adalah lapisan terluar yaitu kantong fibrosa yang menutupi seluruh jantung. dan merupakan kantong berlapis dua (Gibson J, 2002. Fisiologi&Anatomi Modern untuk Perawat. Edisi II. Jakarta: EGC.hal:100-101).
Sedangkan septum ventriculer adalah dinding pembatas atau yang memisahkan antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri. Where is the septum ventricularis ?




Setelah anda membaca dan memahami artikel sederhana ini, saya meminta anda untuk melihat sekali lagi keseluruhan gambar anatomi jantung yang sedikit lebih rumit untuk memastikan anda telah hafal beberapa bagian dan letak dari anatomi jantung manusia,


Gimana ? sudah terasa familiar bukan? anda tak perlu menghafal anda hanya cukup memahami dengan sendirinya anda akan hafal..

setelah memahami artikel ini anda akan lebih mudah untuk masuk mempelajari Sirkulasi jantung...saya sarankan

Dengan mengucapkan Alhamdullillah, saya berterima kasih anda telah mau belajar dan membaca artikel sederhana saya ini...semoga bermanfaat...Salam Penulis BlackNurse (Ahmad Risnandar, AMD. Kep., SH)

Wassalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar